Let's share knowledge... just like water, it flows and fills the empty spaces ...

Water Filling ... My new blog's name

Tidak ada komentar
Mmmm.. lama sekali tidak memposting sesuatu di blog ini. Lama sudah terbengkalai. Parahnya, saya lupa alamat email dan password untuk login ke blog ini! Wuih... pemilik blog yang aneh. ck.ck.ck..

Kasihan juga rasanya. Pagi ini, saya sedikit merubah penampilannya.... ganti layout, ganti warna, ganti jenis tulisan, dan..... yang paling mendasar berganti alamat blog!!! hahaha....
Moving from 'hasrat pujangga' to 'water filling' ...

Mmm... why water filling was chosen? well... alasannya simple. Saya enak mendengarnya. hehe.. Dan, dari mana nama ini muncul? Istilah water filling saya dapatkan karena mengikuti kuliah Communication System. Water filling adalah suatu metode untuk mendistribusikan power pada suatu channel berdasarkan atenuasi yang terjadi di channel tersebut. Sistem ini diterapkan pada sistem komunikasi menggunakan metode OFDM (Orthogonal Frequency-division Multiplexing). OFDM adalah sistem untuk mengirimkan data menggunakan multiple frequency carrier. Untuk memperoleh sistem distribusi yang tepat, power didistribusikan seperti memasukkan air ke tiap kotak yang berbeda-beda ketinggian dasarnya, namun permukaan keseluruhan kotak tersebut sama. Well.... mungkin bagi beberapa dari teman2 kebingungan (saya juga tidak menjelaskan dengan baik. hehehe). Coba deh lihat gambar berikut :

source : Communication systems course slide by Roberto Garello (Politecnico di Torino, Italy)

c adalah kapasitas channel, sedangkan alpha adalah atenuasi yang terjadi di tiap kotak (bins). Metode ini dikenal efektif untuk mengirimkan data, baik pada sistem dengan atau tanpa kabel (wireless). welll..... mungkin sekian saja penjelasan ilmiah water filling (saya masih harus banyak belajar mengenai topik ini. hehehe)

Lha... apa hubungannya dengan nama blog???? hehehe... enak didengar aja sih. Lagipula saya punya filosofi sendiri mengenai water filling ini. Kita harus bisa menerapkan kecerdasan dan kekuatan kita (power) dalam berbagai situasi (atenuasi), namun tetap menjaga "standard" atau prinsip hidup kita (channel). Kapan kita harus keras, kapan harus mengalah, kapan harus bicara, kapan harus betindak, dsb. hehehehe ^_^

Yup... semoga teman2 yang menyempatkan diri berkunjung ke blog ini mendapatkan manfaat.. Salam hangat.... (Torino, 22 Desember 2011)

Tidak ada komentar :