Let's share knowledge... just like water, it flows and fills the empty spaces ...

Logika Fuzzy - Pengenalan FIS Editor (I)

Tidak ada komentar
Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang Fuzzy Inference Systems (FIS) pada MATLAB. Oleh karena itu, teman-teman diharapkan menginstal MATLAB, lengkap dengan Fuzzy Logic Toolbox-nya. Kita akan menggunakan contoh kasus yang sama seperti yang telah dibahas pada sesi Logika Fuzzy (I). Pada sesi tersebut, telah dibahas penghitungan fuzzy secara matematis, dan pada sesi ini akan dibantu menggunakan Fuzzy Toolbox pada MATLAB.

Mari kita mulai pembahasan kita...

Contoh ini saya sarikan dari kasus pada MATLAB Fuzzy Toolbox help.

Contoh kasus:


Fuzzy Logic Toolbox
Yupp.. karena teman-teman telah menginstal Fuzzy Toolbox, kita akan memulai membahas langkah-langkahnya. Pertama-tama kita ketik fuzzy pada MATLAB command window.

 

 Kemudian akan muncul jendela FIS Editor sebagai berikut :
 Pada FIS Editor di atas, klik Edit - Add variable... - Input, maka akan muncul jendela berikut :
 
Pertama-tama, kita namai pasangan input-output kita. Klik kotak kuning input1 sehingga tepinya menjadi berwarna merah. Kemudian pada kotak Current Variable, ubahlah Name (misalnya pada contoh ini) menjadi Pelayanan. Lakukan hal yang sama untuk kotak kuning input2 dan kotak biru output1 masing-masing menjadi Makanan dan Tip. Gambar ditunjukkan sebagai berikut :

Sekarang kita akan menentukan rentang dan jenis fungsi keanggotaan dari input dan output. Double klik pada kotak kuning Pelayanan, sehingga keluar jendela Membership Function Editor, sebagai berikut :


Pada kotak Current Variable, ubahlah Range dan Display Range untuk Pelayanan menjadi [0 10]. Kemudian klik garis mf1 pada Membership function plots, sehingga garis terpilih menjadi aktif dan berwarna merah, seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Kemudian pada kotak Current Membership Function ubahlah Name (pada contoh ini) menjadi Jelek. Type kita pilih zmf, dan Params menjadi [0 5].
Lakukan hal yang sama pada mf2 dan mf3, dengan rangkuman sebagai berikut :

Tip
Jika teman-teman sukses, maka hasilnya diperlihatkan pada gambar berikut :

 
Lakukan juga hal yang sama pada kotak kuning Makanan. Range masih sama yaitu [0 10] dan parameter yang digunakan sebagai berikut :

Makanan

Tip

Karena Membership Function (MF) Makanan hanya dua, yaitu Tengik dan Lezat, sedangkan secara default FIS menyediakan 3 MF, maka kita delete satu MF dengan cara Edit - Remove Selected MF. Untuk MF Tip, kita lakukan langkah-langkah yang sama, namun Range yang kita gunakan adalah [0 30].

Jika sukses, teman-teman akan mendapatkan gambar untuk Makanan dan Tip sebagai berikut :
 
Seperti yang telah kita ketahui pada contoh kasus bahwa kita menyediakan tip antara 5-25%. Walaupun kita menyediakan Range dari [0 30], namun terilhat puncak untuk ter-Murah dan ter-Mahal adalah pada 5% dan 25%.


Tidak ada komentar :