Kamis, 14 Juni 2012

Logika Fuzzy - Pengenalan FIS Editor (II)

Baiklah.. kita sambung pembahasan kita dari sesi Logika Fuzzy - Pengenalan FIS Editor (I).

Pada sesi ini, kita akan melanjutkan pembahasan mengenai pembentukan aturan-aturan yang menyatakan relasi antara input-output fuzzy.
Masih pada jendela Membership Function Editor, kita klik Edit - Rules... , maka akan tampil jendela Rule Editor sebagai berikut :



Aturan-aturan yang akan kita bentuk adalah sebagai berikut :

Pada jendela Rule Editor, kita melihat membership function (MF) Pelayanan (Jelek, Sedang, dan Bagus), Makanan (Tenguk, dan Lezat) dan Tip (Murah, Standar dan Mahal). Kita dapat merangkai aturan dengan memilih MF Input-Output serta mengaitkannya dengan Connection (or dan and). Pola kalimatnya adalah : 


Tulisan berwarna hijau pada kotak di atas merupakan options yang dapat dipilih pada jendela Rule Editor. Delete rule, Add rule dan Change rule masing-masing berfungsi untuk menghapus, menambahkan dan mengubah aturan-aturan yang telah kita buat. Bila kita selesai menyusun aturan, maka hasilnya tampak sebagai berikut :

Pada gambar di atas, kita sorot contoh pemilihan untuk aturan kedua.

Nah, pembahasan kita hampir selesai...
Masih pada Rule Editor di atas, jika kita klik View - Rules, kita akan melihat jendela Rule Viewer, sebagai berikut : 
Terlihat bahwa jika Pelayanan = 5 dan Makanan = 5, maka besarnya Tip yang Romi harus berikan adalah sebesar 15%. Masuk akal bukan? 

Sekarang kita kembali ke kasus kita. Dengan menggeser garis vertikal merah atau memasukkan nilai pada kolom Input pada posisi Pelayanan = 7 dan Makanan = 8, maka besarnya Tip adalah 20.3, seperti ditunjukkan pada gambar berikut :

Hal ini sesuai dengan apa yang terlihat pada sesi Logika Fuzzy (IV).
Sebelum mengakhiri pembahasan ini, sebaiknya kita simpan apa yang telah kita buat dengan cara  File - Export - To File ...

Yuuup teman-teman.. demikian akhir sesi Pengenalan FIS Editor. Semoga bermanfaat. Selamat belajar ^^


Referensi:

[1] MATLAB Help Tutorial
     http://www.mathworks.it/help/toolbox/fuzzy/
[2] Kusuma, Wardana. 2010. Matematika Logika Fuzzy, Slide Kuliah Kontrol Cerdas, Jurusan Teknik Fisika UGM. Yogyakarta.

Tidak ada komentar: