Rabu, 26 September 2012

Pengenalan Image Processing dan Image Acquisition Toolbox pada MATLAB (I)

Hai teman-teman.... Kali ini saya akan berbagi sedikit tentang Image Processing Toolbox dan Image Acquisition Toolbox pada MATLAB. Kedua toolbox ini saling terkait. Image processing digunakan untuk melakukan pengolahan citra digital, sedangkan Image Acquisition digunakan jika teman-teman menggunakan media (sebagai contoh webcam) untuk merekam dan meng-capture gambar. Nah, pada kesempatan ini saya hanya akan menjelaskan dasar-dasar command yang sering digunakan pada kedua toolbox tersebut. Selanjutnya teman-teman dapat mempelajari lebih lanjut pada MATLAB help.

Pastikan teman-teman menginstal MATLAB lengkap dengan kedua toolbox ini, dan tentunya teman-teman harus memiliki webcam jika ingin menggunakan Image Acquisition toolbox.

Image Processing Toolbox
Berikut beberapa contoh dasar command pada Image Processing Toolbox:



























Image Acquisition Toolbox
Untuk menggunakan toolbox ini, pastikan teman-teman menghubungkan webcam dengan komputer dan selanjutnya menjalankan MATLAB ya :)

Teman-teman dapat mengikuti langkah-langkah berikut:


 
Contoh hasil preview pada MATLAB (saya sengaja merekam angka 2 pada posisi 'tertidur')


 



Demikian teman-teman dari saya. Semoga bermanfaat :)


Referensi
[1] Wardana, K., Penerapan Jaringan Saraf Tiruan untuk Pengenalan Karakter, Slide Kuliah Kecerdasan Buatan Jurusan Teknik Fisika UGM, 2010
[2] MATLAB Help



Tidak ada komentar: