Let's share knowledge... just like water, it flows and fills the empty spaces ...

Logika Fuzzy (II)

Tidak ada komentar
Menghitung Fuzzy Inference Systems (FIS)
Sambungan dari Logika Fuzzy (I)



Input : Makanan = 8

Nah, sekarang kita bahas input yang kedua, yaitu MAKANAN. Nilai yang diberikan oleh Romi adalah 8. Kita menggunakan fungsi keanggotaan sebagai berikut:

Tengik : Trapezoidal-shaped built-in membership function (trapmf)
Lezat :  Trapezoidal-shaped built-in membership function (trapmf)

Asumsi kita menempatkan fungsi keanggotaan sebagai berikut. Jadi untuk nilai di bawah 3 kita kategorikan TENGIK, sedangkan di atas 7 kita kategorikan LEZAT.



Rumus untuk fungsi keanggotaan ini diperlihatkan seperti pada gambar di bawah ini. Nilai a, b, c, dan d bersesuaian dengan bentuk trapesium, yaitu titik-titik dimana fungsi akan mulai naik, kapan mendatar dan kapan akan turun. Mudah, bukan? 


Sekarang kita masukkan nilai-nilai dua fungsi ini ke rumusnya:


Dengan input = 8, rumus yang terlibat fungsi yang terlibat hanyalah LEZAT. Selanjutnya kita masukkan nilai 8 dan hitung besarnya output dari fungsi keanggotaan tersebut.


Well… mari kita rangkum apa yang telah kita kumpulkan data yang telah kita dapatkan sampai saat ini.

Jika PELAYANAN = 7 dan MAKANAN = 8, maka :
  • Himp. Fuzzy JELEK = 0
  • Himp. Fuzzy SEDANG =  0.41
  • Himp. Fuzzy BAGUS = 0.32
  • Himp. Fuzzy  TENGIK = 0
  • Himp. Fuzzy LEZAT = 0.5


Variabel TIP

Setelah semua keanggotaan input kita bahas, langkah selanjutnya adalah menganalisis keanggotaan output. Sesuai dengan kasus yang kita bahas, besarnya tips adalah 5-25%. Fungsi keanggotaan dibuat berbentuk segitiga. Posisi 5, 15, dan 25 adalah titik-titik yang besesuaian dengan MURAH, STANDAR dan MAHAL. Titik-titik ini memiliki peluang tertinggi, yaitu sebesar 1. 



 Tiap-tiap fungsi keanggotaan diwakilkan dengan fungsi segitiga yang memiliki rumus matematis berikut:

 

Titik-titik a, b dan c bersesuaian dengan titik-titik dimana segitiga tersebut dibangun. Titik b adalah puncak, sedangkan a dan c adalah titik untuk kaki-kaki segitiga. Mudah, bukan??? Kalau kita masukkan titik-titik keanggotaan ke rumus diatas, diperoleh data sebagai berikut:



 Bersambung ke Logika Fuzzy (III)


Tidak ada komentar :